Hari udah menjelang sore dipertengahan bulan Juli 2019, lebih tepatnya tanggal 20 juli 2019.  Ditengah bulan ini pengeluaran harus disesuaikan dengan sisa dana yang ada di dompet, biasa takut kehabisan sebelum isi dompet terisi 😂.  selalu update promo indomaret atau alfamart,  kali aja ada yang diskon hingga 70 persen, walau nyatanya tiada perna, paling mentok diskon 30 persen atau beli dua gratis satu. kali ini saya mencoba mengetahui skill logika saya, walaupun logika tentang perhitungan sederhana tambah, kurang, bagi dan kali aja,  terispirasi dari keadaan dan kondisi 😅. 

Untuk Percobaan kali ini saya mencoba untuk membuat kalkulator sederhana di IOS 10 dan swift 4. kali ini saya tidak menggunakan Storyboard dalam merangkai bunga, eh,.... kok ngerangkai bunga ngerangkai UI maksudnya. kenapa sih gak perna makek storyboard bukannya gak pakek sih, tetep pakek tapi untuk uji kemampuan pakek coding aja 😤.  pada background Appnya menggunakan warna gradasi light gray dan dark gray biar perna, soalnya kebanyakan untuk background menggunakan warna standart biar terkesan minimalis, tapi tak apalah untuk kali ini dicoba dengan warna gradasi yang soft. Selain itu apa sih yang membedakan tutorial ini dengan banyak tutorial kalkulator yang ada di mbah google bukannya sama aja ? Tenang, masih ada kok perbedaanya di app yang saya buat ini history tentang perhitungan terakhir yang dilakukan tersimpan dan dapat dilihat oleh penggunanya jadi tidak usah bingung perhitungan tadi yang dilakukan berapa ya 😑😊... ?.

Semisal untuk proses penambahan dua angka :

var firstnumber: Double ?
var op = "+"
var operation = true

func Addnumberfunc(number: String){

     var textNum = String(labelinput.text!)
     if operation{
             textNum = ""
             operation = false
     }
     textNum = textNum + number
     labelinput.text = textNum
}

Function diatas berfungsi untuk mengecek inputan apa yang dimasukkan jika inputan yang diinputan berupa operation ( + - * / ) maka textNum dikosongan dan disimpan ke firstnumber untuk data sementara, tetapi jika yang dimasukkan berupa angka maka akan ditambahkn ke text tadi

func equel() {
        let number2 = Double(labelinput.text!)
         labeldemmyInput.text = "\(firstnumber!)"+op+"\(number2!)"
        var result: Double
        
        switch op {
        case "+":
            result = firstnumber! + number2!
        case "-":
            result = firstnumber! - number2!
        case "x":
            result = firstnumber! * number2!
        case ":":
            result = firstnumber! / number2!
        default:
            result = 0.0
        }
        labelinput.text = "\(result)"   
   }


Untuk function ini adalah equal dari case yang di inginkan setelah data pertama disimpan di firstnumber untuk sementara terus dilakukan perhitungan tergantung dari pemilihan yang diinginkan, setelah itu didapatkan hasil dari perhitungan pertama dan kedua. sesederhana itu logika dalam membuat kalkulator kali ini. Sedangkan tampilan UInya dapat dilihat dibawah ini, sederhana dan simple sih. silahkan ambil sendiri di github jika kurang jelas tinggal running dan sedikit berdoa pasti ke Build tanpa error , untuk link yang sudah ada dibawah disilahkan dicoba semoga bermanfaat 😊.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama