Selamat Sore 😆 ....
Sore yang penuh canda tawa, mungkin kesempatan kali ini kita buat suatu yang sedikit bermanfaat bagi saya sendiri tentunya, bagi yang membutuhkan juga boleh 😂, yang penting tidak merugikan bagi pembacanya. Notification melalui Firebase dengan menggunakan Node js, itu tema hari ini. Kenapa saya mengambil tema itu 😳, sebenarnya terinspirasi dari kesalahan yang saya lakukan pada hari ini,  kesalahannya salah lupa tidak cek data yang saya push ke Git, dan ternyata ada data temen saya yang saya update dan saya lupa checkout -- , penyebabnya tidak ada notification sih dari teman saya akhinya konflix deh , mau tidak mau saya harus fixing dulu sebelum pulang Ngoding 😭.

Sebenarnya untuk mengirim Notification Firebase dengan menggunakan Node js anda harus membuat project dulu di firebase, sebagai penghubung atau pihak ketiga antar Node js  dan Pihak receiver (IOS, Android atau Web). masih bingung 😦 ? pasti enggak kan, jika masih bingung tinggal searching di google   https://console.firebase.google.com  maka muncul websitenya firebase seperti berikut 😁 .


Tinggal tambahkan aja project baru, setelah itu ikuti langkah - langkah jejak kaki sampai menuju gua, eh kok sampai gua 😅. maksudnya ikuti langkah berikutnya sampai terbuat project pada firebase. setelah selesai nanti muncul pada cendela browser seperti berikut ini yang menandakan anda telah berhasil membuat project di firebase 👌.


Setelah itu ada dapat memilih mau diarahkan kemana hubungan ini. bisa ke IOS, android hingga ke Web juga, mudah kan 😁.  cara mengarahkannya juga mudah tinggal daftarkan aja aplikasi yang anda buat ke firebase, jika menghubungkan dengan IOS diharapkan punya Id Appstore ya , jika mau menghubungkan dengan android tinggal cari aja Sertifikat debug SHA-1. Jika tidak mengerti mengenai Id Appstore dan  Sertifikat debug SHA-1, mungkin bisa searching di Google 😀.

Mari kita menuju step selanjutnya, pertama install firebase-admin  pada project Node Js anda.

npm install firebase-admin --save.

Jangan lupa cek di package.json udah ada belum jika ada berarti sudah terinstall dengan baik dan benar, jika belum maka ulangi sekali lagi mungkin tadi internetnya sedang putus 😁. kemudian jika udah terinstall kita deklarasikan firebse-admin nya untuk di buat initializeApp nya. 

var admin = require("firebase-admin");
admin.initializeApp({
  credential: admin.credential.cert(serviceAccount),  
  databaseURL: "https://xxxxxx.firebaseio.com"   
});

Kemudian tinggal buat function yang nantinya dipanggil pada route . dimana nanti tinggal nyesuai token device nya

exports.notficatin_firebase = (req, res, next) =>{

    var tokendevice = req.body.tokendevice

    admin.messaging().sendToDevice(tokendevice, payload, options)

    .then(result  => {

        console.log(result)
        res.status(200).json({
            message:'Successfully sent Message',  
            data: payload  //data yang akan dikirim sebagai notification untuk contohnya seperti dibawah.
        });
    })
    .catch(err => {
        console.log(err);
        res.status(500).json({
            error: err
        });
    });
}

var payload = {
    notification: {
        title: "Penambahan Product berhasil dilakukan",
        body: "Anda Sudah melakukan penambahan product baju sebanyak 10 "
    }
};
  
var options = {
    priority: "high",
    timeToLive: 60 * 60 *24
};

Gimana mudahkah, tinggal agan sesuaikan aja payload dengan notification yang inginkan dan parameter request yang diperlukan,  tetap semangat  💪💪😊...










Post a Comment

Lebih baru Lebih lama